Nong Poy Transgender di ThailandSumber The Show 

Kehidupan LGBT di Thailand

Berbagai kontroversi mewarnai pembahasan mengenai LGBT. Berbagai tanggapan yang pro dan kontra banyak dilontarkan dengan berbagai alasan yang dimiliki. Di Indonesia sendiri mulai bermunculan berbagai kecaman dan reaksi negatif bagi kaum LGBT. Bahkan statusnya pun tidak mendapat jaminan hukum. Hal ini tentu dikarenakan Indonesia sendiri negara yang sangat menjunjung tinggi adat dan norma masyarakat, selain itu kentalnya kehidupan beragama juga mempengatuhi pendapat masyarakat. Tampaknya kontroversi yang terjadi di Indonesia ini sangat berbeda sekali situasinya dengan negara lain seperti di Thailand. Negara yang masih dalam satu kawasan Asia Tenggara ini dikenal paling ramah sekali dengan kaum LGBT. Bahkan negara memberikan jaminan hukum yang lebih kuat dari pada pasangan yang menikah dengan berbeda gender atau jenis kelamin.

Thailand memberikan pengakuan bahwa di dunia bukan hanya ada dua gender tetapi ada tiga. Bahkan dalam pemahamam secara budaya Thailand mengakui ada 18 gender. Inilah mengapa Thailand sendiri dianggap sebagai negara pusatnya transgender yang ada di dunia. Banyaknya juga agen bola terpercaya yang ada di kawasan itu terkadang menyewa jasa transgender untuk melakukan promosi. Beberapa istilah gender yang ada di Thailand seperti pria normal yaitu yang menyukai seorang wanita. Adam yang merupakan pria penyuka wanita yang mengenakan pakaian seperti halnya pria dan juga menyukai seorang wanita. Bi yaitu tertarik pada wanita dan juga pria atau yang lebih dikenal dengan biseksual.

Tom yang merupakan seorang wanita namun berpakaian seperti lelaki dan kadang memiliki prilaku layaknya seorang lelaki dan menyukai seorang wanita. Dee yaitu wanita yang suka terhadap wanita maskulin (tom). Ladyboy yaitu sorang pria yang memiliki keinginan untuk menjadi wanita dan melakukan operasi transgender. Gay king yaitu seorang pria maskulin yang suka terhadap pria. Gay queen yaitu seorang pria feminin yang suka terhadap pria. Boat yang merupakan pria penyuka wanita, penyuka gay queen, penyuka gay king tetapi tidak suka pada ladyboy. Lesbian yang merupakan wanita yang juga menyukai wanita.

Ladyboy di Thailand

Realitas yang tidak bisa dipungkiri jika kaum transgender mendapatkan perlakuan yang baik dibandingkan dengan negara lain. Selain itu, kaum LGBT ini juga diberikan tempat wisata khusus yang bisa memanjakannya. Ada juga beberapa lokasi untuk memanjakan para gay, salah satunya ada di Phuket. Pada kawasan tersebut ada beberapa club malam atau bar yang menyediakan berbagai hiburan. Tempat lain yaitu hotel juga memberikan pelayanan yang ramah terhadap pecinta sesama jenis. Thailand menjadi salah satu negara di dunia dengan jumlah transgender paling banyak. Di Thailand kaum ini biasanya disebut dengan ladyboy (wanita pria).

Para ladyboy ini tidak semua yang mengubah alat reproduksinya menjadi permanen. Namun para ladyboy Thailand ini sangat dikenal memiliki kecantikan yang juga tidak kalah dari wanita asli, bahkan hampir sulit untuk dibedakan. Para ladyboy atau transgender di Thailand harus mengikuti wajib militer meskipun sudah diganti gendernya. Hal ini dikarenakan tidak bileh mengganti identitas jenis kelamin, jadi tetap mendapat pengakuan sebagai seorang lelaki. Para transgender di Thailand yang mengikuti wajib militer masuk dalam kategori penderita gangguan mental yang nantinya akan dicantumkan pada rekam medisnya. Jadi, tidak diikutkan wajib militer seperti halnya peserta laki-laki tulen yang lain.

Kemunculan kaum LGBT ini memang sudah ada sejak dulu dan sampai sekarang pun masih tetap ada. Tentu setiap negara mempunyai cara pandang yang berbeda dalam hal LGBT ataupun judi bola sesuai dengan adat istiadat dan norma yang berlaku pada negara itu sendiri. Seperti halnya di Indonesia dan juga Thailand kedua negara ini memiliki legalitas hukum yang berbeda untuk menanggapi adanya LGBT. Namun menanggapinya tidak perlu secara berlebihan karena bisa saja berdampak pada rasisme yang bisa saja berujung pada perpecahan. Hal itu sudah menjadi pilihan hidup yang memang tidak pernah bisa diketahui alasan yang pastinya.

Related posts

Leave a Comment